Senin, 11 Oktober 2010

Gubernur Riau H. RUSLI ZAINAL, MM Buka MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 di Kuantan Singingi

Kuantan Singingi (Aknet.com) Musabaqah Tilawatil Qur,an (MTQ) Provinsi Riau ke-XXIX tahun 2010 resmi dibuka Gubri M Rusli Zainal. Bertempat di Stadion Sport Center Kuantan Singingi. Perlombaan seputar kitab suci tersebut akan berlangsung sepekan di Teluk Kuantan.

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau XXIX tahun 2010 di Stadion Sport Centre Kuantan Singingi, di Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah, Minggu (10/10/10) malam tadi berlangsung sangat Meriah. Ribuan masyarakat mengikuti acara pembukaan syiar Islam tersebut di Stadion Sport Centre Kuansing yang dijadikan arena utama MTQ Riau 2010.

Turut hadir pada pembukaan ini Gubernur Riau HM Rusli Zainal sekaligus membuka MTQ Riau tersebut, Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau H Djohar Firdaus dan anggota, Bupati dan walikota se-Riau, asisten kepala dinas dan badan se-Riau, Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau H Asyari Nur, unsur Muspida Riau dan se-Provinsi Riau, Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing Muslim, S.Sos dan segenap unsur Muspida Kuantan singingi, Wakil Bupati Kuantan singingi H Mursini, Sekda Kuansing H Zulkifli, asisten, kepala dinas dan badan dilingkungan Pemkab Kuansing, Camat dan Upika se-Kuantan singingi, tokoh agama tokoh adat, dan tokoh masyarakat Riau dan Kuantan Singingi.


Acara pembukaan diawali tari sembah cerano dan dilanjutkan dengan defile kafilah MTQ se-Riau yang diawali penampilan marching band Bahana Kuantan Singingi. Kafilah Pekanbaru didaulat tampil dibarisan pertama defile kafilah dan dilanjutkan dengan defile kafilah Dumai Pelalawan, Kampar, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Meranti, Bengkalis dan ditutup defile tuan rumah Kuantan Singingi.
Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 dibuka oleh Gubri HM Rusli Zainal yang ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama oleh Gubri, Ketua DPRD Riau Djohar Firdaus, Wagubri HR Mambang Mit dan Bupati Kuansing H Sukarmis.

Diawal sambutannya Gubri mengatakan, dengan pelaksanaan MTQ ini semoga dapat memberi spirit dan kekuatan sebagai perwujudan visi Riau 2020 dalam rangka tingkatkan keimanan dan ketaqwaan menuju Riau gemilang dan cemerlang dibawah Ridha Allah SWT.

Kegiatan MTQ yang jadi agenda rutin di Riau kata Rusli merupakan salah satu wujud agar kitab suci membumi di negeri melayu yang kental Islami. Gubri sampaikan apresiasi atas pelaksanaan MTQ Riau di Kuantan Singingi yang sangat baik dan meriah."Pelaksanaan MTQ di Kuansing tak kalah sebagaimana yang dilaksanakan ditingkat nasional," ucap Rusli.

Yang dilakukan selama ini kata Gubri bukan pembinaan tapi pelatihan yang tergesa-gesa satu atau dua bulan saja untuk mengikuti MTQ. Gubri berharap agar kabupaten kota mengandalkan qori- qoriah berasal dari kabupaten kota dan Riau. "Tidak sibuk mencari qori-qoriah ke luar daerah menjelang MTQ," katanya. Dia juga memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menghadpai MTQ nasional dan bisa memperbaiki peringkat Riau pada posisi VI pada MTQ nasional beberapa waktu lalu di Bengkulu.

Sementara itu, Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis dalam sambutannya mengungkapkan, selamat datang kepada Gubri dan unsur Muspida, bupati dan walikota se-Riau serta Kafilah MTQ se-Riau.

Dengan pelaksanaan MTQ XXIX 2010, Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis mengharapkan bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT karena Alquran merupakan kalamullah yang diturunkan dan mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW. "Alquran mempunyai kandungan nilai yang berhubungan nilai keimanan syariah dan akhlak yang mengatur tata cara hidup manusia. falasafah ilmu pengetahuan. Media syiar agama ditenga harus perubahan sosial dan budaya masyarakat," papar Sukarmis.

Pada kesempatan itu Sukarmis juga mengungkapkan beberapa program pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi. Dikatakan, saat ini Pemkab Kuansing berjuang dalam mendorong pembangunan agar Kuantan Singingi bisa sejajar dengan kabupaten kota lain di Riau seperti pembangunan sekolah dan pusat olahraga diantaranya adalah SMA Pintar dan Sport Centre Kuantan Singingi. "Dan Alhamdulillah sebagian telah kami wujudkan," ujar Sukarmis.

Ia menambahkan, pembangunan kedua bangunan kebanggaan Kuantan Singingi ini bukan hanya dinikmati oleh masyarakat Kuantan Singingi tetapi digunakan untuk pelaksanaan MTQ Riau. Ini adalah asset yang berharga bagi Kuansing. Kabupaten Kuansing bukan hanya menumbuhkembangkan perekonomian tapi berusaha menghapus buta aksara Alquran. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan.

Dengan MTQ Bupati Kuansing mengimbau masyarakat Kuantan Singingi untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Riau 2010 dengan ciptakan rasa aman kepada saudara-saudara yang datang ke Kuantan Singingi’

Pembukaan MTQ ke XXIX ini ditandai dengan ribuan Kembang Api yang menghiasi stadion Sport Center Kuantan Singingi. (Sbt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar