Jumat, 22 Januari 2010

Peningkatan Tanaman Padi

Kuantan Singingi (Aknet.Com) - Kabupaten Kuantan Singingi yang notabene dengan hasil perkebunan dan pertaniannya mempunyai lahan sawah yang cukup yang dapat dikelola sebagai aset pemerintah dan penambah PAD dari sektor Pertanian. ini terbukti dengan membentangnya hamparan lahan sawah dimulai dari Kecamatan Hulu Kuantan sampai Kecamatan Cerenti yang masyarakatnya hidup dari pencarian ke ladang. sesuai penelusuran penulis lahan sangat saat ini masing belu dikelola dengan baik dan masih ada lahan yang belum produktif.

 Pemerintah dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan seharusnya betul-betul giat dalam menangani hal tersebut diatas. jangan berorientasi pada proyek-proyek namun berwawasan bagaimana cara mengembangkan lahan yang ada untuk tanaman padi baik cara pengolahan, pemanenan dan mau dibawa kemana hasil yang telah dipanen.

Ciptakan strategi untuk meningkatkan PAD Kabupaten Kuantan Singingi dari sektor tanaman padi. pilih Varietas padi yang sesuai dengan karakteristik tanah, cuaca dan waktu. ini karena berhubungan dengan jenis tanah di tempat dan waktu yang belakangan ini sering terjadi banjir.

sebagai contoh menurut informasi dilapangan luas lahan sawah ada 22.166 ha lahan sawah jika dikelola dengan baik jika dalam 1 ha dapat menghasilkan gabah 4 ton maka akan menghasilkan Produksi Gabah = 88.664 ton. dari hasil gabah tersebut jika kita jadikan beras 65% saja maka akan menghasilkan beras = 57.632 ton sementara kebutuhan beras di Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah penduduk± 314.040 jiwa adalah = 37.684 ton beras dari rasio tersebut akan mencukupi dan berlebih.

Pada periode tanam pertama hasil produksi beras mencukupi untuk masyarakat Kuantan Singingi sehingga Pemerintah harus membuat suatu Perangsang agar masyakat mau menanam untuk yang kedua kalinya dan dari hasil tanaman kedua di beli oleh pemerintah dalam bentuk gabah, jka 1 kg gabah dihargai Rp. 2.000,- ditambah biaya proses penggilingan memerlukan biaya total = Rp. 177.328.000,- akan menghasilkan beras sebanyak 57.632 ton beras dapat menghasilkan uang sebesar Rp. 403.421.200,- maka PAD kita akan menambah dari sektor Tanaman Padi sebesar Rp. 403.421.200 - Rp. 177.328.000 = Rp. 226.093.200 jika dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan dipasarkan keberbagai daerah tetangga kita.

Memang itu tidak segampang yang di gambarkan, namun untuk keseriusan kita didalam membangun Kabupaten Kuantan Singingi untuk lebih baik.... Kenapa tidak....???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar